Saturday, May 02, 2009

KISAH 3 POHON CEMARA

Memasuki musim semi ini, yang mana terangnya siang lebih panjang dari gelapnya malam, aku dan Mark mulai membenahi kebun kami baik yang ada di depan maupun kebun belakang kami. Mulai potong rumput, mencabut tumbuhan-tumbuhan liar di sekitar pematang bunga dan menanam lagi bunga-bunga untuk musim panas, karna bunga-bunga yang ada dulu sudah rontok semenjak musim gugur dan musim dingin lalu. Karna sampai jam 8 malam masih terang seperti jam 3 sore, jadi setelah pulang kerja jam 6 sore Mark pun masih punya waktu untuk sekedar merapikan bentuk pohon cemara kami. Kebetulan ada 3 pohon cemara di halaman depan rumah kami, 2 di pojok kanan dan 1 di tengah-tengah kebun.

Menunggui suamiku yang sibuk memangkas dan merapikan bentuk pohon-pohon cemara kami, aku jadi ingat "Kisah 3 Pohon Cemara" yang pernah kubaca dari Buku Chicken Soup for The Soul dulu.....

Alkisah, ada tiga pohon di dalam hutan. Suatu hari, ketiganya saling menceritakan mengenai harapan dan impian mereka. Pohon pertama berkata, “Kelak aku ingin menjadi sebuah PETI, yang akan diisi dengan emas, perak dan berbagai batu permata. Supaya kelak semua orang akan mengagumi keindahannya, merawat dan memujaku".
Kemudian pohon kedua berkata, "Suatu hari kelak aku akan menjadi KAPAL yang besar. Aku akan mengangkut raja-raja dan berlayar ke ujung dunia. Aku akan menjadi kapal yang kuat dan setiap orang merasa aman berada dekat denganku".
Akhirnya pohon ketiga pun juga mengatakan keinginannya, "Kalau aku, ingin tumbuh menjadi POHON TERTINGGI di hutan di puncak bukit. Sehingga orang-orang akan memandangku dan berpikir betapa aku begitu tingginya, bahkan sangat dekat untuk bisa menggapai surga dan Tuhan. Aku akan menjadi pohon terbesar sepanjang masa dan orang akan mengingatku".

Setelah beberapa waktu ke 3 pohon cemara tadi tetap berdoa dan berharap agar impian mereka terkabu, sampai pada suatu hari sekelompok penebang pohon datang dan menebang ketiga pohon itu. Pohon pertama di bawa ke tukang kayu. Ia sangat senang sebab ia tahu bahwa ia akan dibuat menjadi peti harta karun.Tetapi jawaban doanya tidak seperti harapannya, karena tukang kayu itu membuatnya menjadi kotak tempat menaruh makan ternak. Pada akhirnya ia hanya diletakkan di kandang dan diisi jerami.
Pohon ke dua dibawa ke galangan kapal. Ia berpikir bahwa doanya menjadi kenyataan. Tetapi ternyata ia dipotong-potong dan dibuat menjadi sebuah perahu nelayan yang kecil. Impiannya untuk menjadi kapal besar untuk mengangkut raja-raja telah berakhir.
Sedangkan pohon ketiga akhirnya cuma dipotong menjadi potongan-potongan kayu besar dan dibiarkan teronggok di tempat gelap!

Tahun demi tahun berlalu, dan ketiga pohon itu telah melupakan impian dan harapannya. Sampai kemudian pada suatu hari, sepasang suami-istri tiba di kandang. Sang istri melahirkan dan meletakkan bayinya di atas tumpukan jerami di kotak makanan ternak yang dibuat dari pohon pertama. Orang-orang datang menyembah bayi itu. Akhirnya pohon pertama sadar bahwa di dalamnya diletakkan harta yang sangat berharga di sepanjang masa.Bertahun-tahun kemudian, sekolompok laki-laki naik ke atas perahu nelayan yang dibuat dari pohon cemara yang ke-2. Kemudian di tengah danau, badai besar datang dan pohon kedua berpikir bahwa ia tidak cukup kuat untuk melindungi orang-orang didalamnya. Tetapi salah seorang laki-laki itu berdiri dan berkata, ” DIAM! Tenanglah! dan badaipun berhenti. Ketika itu, tahulah bahwa ia telah mengangkut Raja di atas segala raja. Akhirnya setelah beberapa tahun, seorang datang dan mengambil pohon ke-3. Ia dipikul sepanjang jalan sementara orang-orang mengejek lelaki yang memikulnya. Laki-laki ini kemudian dipakukan di kayu ini dan mati di puncak bukit. Akhirnya pohon ketiga sadar bahwa ia demikian dekat dengan Tuhannya.....

YA... KETIKA KEADAAAN TIDAK SEPERTI YANG KITA INGINKAN, KETAHUILAH BAHWA TUHAN MEMILIKI RENCANA LAIN UNTUK KITA. JIKA ENGKAU PERCAYA PADA-NYA, TUHAN AKAN MEMBERIMU BERKAT-BERKAT BESAR. SEPERTI HALNYA KETIGA POHON CEMARA TADI MENDAPATKAN APA YANG MEREKA INGINKAN, TETAPI TIDAK DENGAN CARA SEPERTI YANG MEREKA RENCANAKAN. MEMANG, KITA TIDAK SELALU TAHU APA RENCANA TUHAN BAGI KITA. TAPI YAKINLAH BAHWA RANCANGAN TUHAN ADALAH YANG TERBAIK BUAT KITA. BAHKAN KETIKA KITA MERASA TIDAK ADA JALAN, TUHAN AKAN BUAT JALAN BUAT KITA....
KEEP FAITH AND GOD BLESS, FRIEND!


Link :

No comments: